Layanan medis di rumah

Layanan medis di rumah termasuk kunjungan dokter ke rumah, medical check up, prosedur bedah sederhana, layanan ambulans, penyewaan perlengkapan / peralatan medis, atau pengambilan sampel pemeriksaan laboratorium di rumah

Layanan Medis di Rumah

Cara yang nyaman untuk mendapatkan pertolongan medis saat pergi ke rumah sakit adalah pilihan yang sulit dilakukan. Selain itu, memahami kondisi lingkungan rumah melalui kunjungan rumah dapat memberikan wawasan yang lebih baik untuk memahami Anda dan untuk merencanakan terapi yang lebih tepat. Kavacare juga dapat membantu Anda menyediakan peralatan medis yang diperlukan. Namun, bila kondisi Anda memerlukan perawatan rumah sakit, dokter kami dapat segera membantu Anda untuk mendapatkan layanan ambulans untuk pergi ke rumah sakit terbaik yang terdekat.

Layanan homecare ini termasuk:

  • Jasa dokter ke rumah
  • Medical check-up
  • Prosedur bedah sederhana
  • Layanan ambulans
  • Penyewaan perlengkapan / peralatan medis, atau
  • Pengambilan sampel pemeriksaan laboratorium di rumah.

Pemeriksaan Laboratorium di Rumah

Kami memahami kebutuhan layananan medis orang terkasih termasuk dengan jasa pemeriksaan laboratorium di rumah. Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium di rumah, pasien tidak perlu mengkhawatirkan kerumitan mobilisasi atau risiko penularan penyakit lainnya, sehingga dapat fokus pada istirahat, pengobatan, serta pemulihan. Pemeriksaan laboratorium di rumah juga bisa dilanjutkan dengan telekonsultasi dokter. Dengan telekonsultasi dokter, hasil pemeriksaan laboratorium dapat dibacakan, dianalisa, serta dirancang kebutuhan terapi atau tindakan medis selanjutnya untuk kesembuhan.

 

Pertanyaan Umum Seputar Layanan Medis di Rumah

Wilayah mana saja Kavacare bisa mendatangkan dokter ke rumah?

Kavacare melayani dokter homecare untuk wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Biaya transportasi yang Kavacare berikan beragam, mulai dari Rp0 - Rp400.000. Biaya transportasi disesuaikan dengan jarak rumah pasien dengan lokasi Care Pro terdekat Kavacare. Dokter dan Perawat Homecare Kavacare tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Apa tugas dokter homecare?

Dokter homecare pada dasarnya bertugas untuk mengetahui kondisi medis Anda dan keluarga, dengan pemeriksaan fisik, anamnesa, atau melihat hasil laboratorium. Pada beberapa kasus pasien tertentu, dokter homecare mungkin melakukan layanan medis seperti pemasangan infus, pemasangan kateter, NGT, atau perawatan luka seperti merawat luka bakar, luka bekas operasi, luka diabetes, atau lainnya. Namun biasanya apabila pasien sudah mengetahui diagnosisnya, layanan medis di rumah dapat dilakukan oleh perawat.  Perawat Kavacare adalah perawat yang berpengalaman di rumah sakit, telah menangani ratusan bahkan ribuan pasien, sehingga tidak perlu dikhawatirkan kualitas perawatannya. Untuk beberapa kasus pasien, kami menyarankan untuk mendapatkan layanan homecare berupa telekonsultasi dokter disertai dengan tindakan medis oleh perawat di rumah.

Baca selengkapnya tentang layanan medis di rumah Kavacare:

Layanan-layanan di atas akan dilakukan dengan kunjungan perawat atau dokter ke rumah Anda. Beritahukan lokasi Anda ke Kavacare Support melalui WA di nomor 0811 1446 777 untuk mendapatkan estimasi biaya transportasi.

Siapa yang mempersiapkan alat kesehatan?

Sebelum kunjungan perawat atau dokter ke rumah, untuk pasien homecare wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, pasien atau pendamping pasien dapat berkomunikasi dengan Kavacare Support atau Case Manager melalui nomor 0811 1446 777. Hasil pembicaraan akan menghasilkan care plan atau rencana perawatan masing-masing pasien, sehingga perawat atau dokter ke rumah dapat membawa obat-obatan serta alat kesehatan sebelum tindakan. Apabila ada obat yang kurang, maka Kavacare akan menawarkan pengiriman obat ke lokasi pasien. Apabila obat atau alat kesehatan yang dibawa pasien tidak jadi digunakan, maka obat dan alat kesehatan dapat dikembalikan tanpa perlu dibayar. Pastikan menyampaikan kepada Kavacare Support apa yang Anda dan orang terkasih Anda butuhkan, sampaikan juga kondisi medis seperti kehamilan, status Covid-19, serta alergi obat.

 

Kunjungan dokter umum dan spesialis

Bapak O, 80 tahun, sudah beberapa tahun dirawat di rumah karena sejumlah fungsi organ tubuhnya sudah menurun. Beliau rutin meminum obat yang diresepkan dokter untuk mengantisipasi komplikasi penyakit yang dapat timbul karena penurunan fungsi organ itu. Sehari-hari, beliau lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbaring dan menonton televisi.

Untuk berjalan, Bapak O membutuhkan alat bantu empat kaki. Tanpa alat bantu, beliau tak bisa berjalan jika tak ditopang oleh orang lain. Suatu saat, Bapak O mengalami demam dan harus beristirahat di tempat tidur. Ketika akan buang air kecil, beliau bangkit dari kasur dan hendak berjalan dengan alat bantu. Tapi beliau kehilangan keseimbangan hingga terjatuh. Akibatnya, beliau tak bisa bangkit lagi dan diduga mengalami patah tulang panggul.

Anggota keluarga Bapak O bingung jika hendak membawa beliau ke rumah sakit. Sebab, beliau tampak ringkih dan kesakitan. Bila dibawa menggunakan mobil pribadi atau ambulans, dikhawatirkan malah memperparah kondisi beliau.

Dalam hal ini, anggota keluarga Bapak O dapat menghubungi tim Kavacare untuk meminta kedatangan dokter umum dan spesialis guna memeriksa keadaan beliau di rumah. Lansia yang mengalami patah tulang dan punya riwayat penurunan fungsi organ memang sebaiknya tidak banyak melakukan mobilitas. Dokter umum dan spesialis dari Kavacare akan membawa tim medis dan peralatan yang dibutuhkan untuk memeriksa Bapak O sehingga keluarga tak perlu cemas lagi.

Tindakan operasi sederhana, seperti menjahit luka kecil

Ibu C, 65 tahun, adalah pasien cedera saraf tulang belakang yang harus menggunakan kursi roda ke mana-mana. Meski begitu, beliau masih aktif dan melakukan apa pun yang beliau masih sanggup lakukan. Beliau antara lain terus melanjutkan hobinya memasak. Hampir tiap hari beliau memasak untuk semua anggota keluarga di rumah yang terdiri atas suami dan dua anak perempuannya.

Suatu pagi, seperti biasa beliau menyiapkan masakan untuk sarapan penghuni rumah. Tapi tak sengaja salah satu jarinya terkena pisau. Luka yang muncul akibat kecelakaan itu hanya kecil, tapi darah yang keluar tak kunjung berhenti. Setiap kali diseka, ada darah yang kembali mengalir meski tidak deras.

Maka anggota keluarganya memutuskan bahwa Ibu C memerlukan pemeriksaan oleh dokter. Luka beliau mungkin perlu dijahit dan keluarganya khawatir terjadi infeksi. Tapi sulit jika harus membawa Ibu C ke rumah sakit karena kondisi beliau yang memakai kursi roda. Apalagi suaminya yang juga sudah berusia lanjut tak sanggup lagi membopong beliau masuk ke mobil.

Kavacare dapat mengirim tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan sekaligus menjalankan tindakan operasi sederhana, seperti menjahit luka bekas sayatan Ibu C. Tenaga medis Kavacare akan datang dengan peralatan yang mendukung sesuai dengan informasi kondisi pasien yang disampaikan oleh keluarga. Keluarga Ibu C juga akan diberi arahan penanganan darurat bagi beliau sembari menunggu kedatangan tenaga medis Kavacare.

Penyewaan alat dan perlengkapan medis

Bapak K, 78 tahun, mengalami komplikasi penyakit jantung dan paru-paru. Beliau harus menjalani tirah baring dan ditunjang dengan berbagai alat kesehatan untuk dapat terus bertahan. Setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit, pihak keluarga memutuskan untuk meneruskan perawatan beliau di rumah.

Tapi ada kendala karena tidak ada alat dan perlengkapan medis yang dibutuhkan Bapak K di rumah. Jika harus membeli, biayanya terlampau tinggi dan peralatan itu pun hanya terpakai sementara selama perawatan beliau. Selain itu, pihak keluarga tak paham tentang seluk-beluk peralatan medis, termasuk penggunaan dan pemeliharaannya.

Kavacare memiliki layanan berupa penyewaan alat dan perlengkapan medis yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga Bapak K di rumah. Kavacare menyediakan peralatan berstandar rumah sakit dan sesuai dengan kebutuhan pasien. Dalam layanan ini, tim Kavacare juga akan menjelaskan penggunaan alat dan ada teknisi dari supplier alat yang bisa membantu bila menemukan kendala pada alat.

Penggunaan alat medis yang sesuai dengan standar dan berkualitas akan membantu menunjang pemulihan pasien yang menjalani rawat jalan di rumah. Keluarga Bapak K bisa lebih tenang dalam merawat beliau di rumah bila memakai peralatan yang disediakan Kavacare karena tim Kavacare selalu berkoordinasi dengan rumah sakit dalam melayani kebutuhan pasien.

Pendampingan pemesanan ambulans

Ibu Y, 64 tahun, mengalami osteoartritis yang membuatnya sulit berjalan. Beliau tinggal berdua saja di rumah dengan suaminya yang berusia 65 tahun dan sakit-sakitan. Seorang anaknya yang sudah berkeluarga tinggal di dekat rumah Ibu Y. Sesekali anaknya datang bersama menantu dan cucunya untuk menjenguk mereka.

Ibu Y masih bisa beraktivitas dan mengurus rumah tangga meski mobilitasnya terbatas. Suaminya juga masih dapat berkegiatan dan melakukan pekerjaan yang sederhana di rumah. Suatu ketika, Ibu Y terjatuh saat berjalan karena kehilangan keseimbangan hingga lututnya mengalami cedera.

Suaminya tidak dapat berbuat banyak untuk membantu Ibu Y bangkit dan merawat lukanya. Ketika menelepon anaknya yang rumahnya berdekatan, tidak ada jawaban segera. Anaknya baru menjawab beberapa menit kemudian, tapi dia sedang berada di kantor dan tidak dapat pulang segera. Begitu pula menantunya yang juga tengah bekerja.

Untuk insiden seperti ini, suami atau anak Ibu Y bisa menghubungi Kavacare guna memesan ambulans yang akan mengantar Ibu Y ke rumah sakit. Kavacare memiliki koneksi jaringan ke rumah sakit yang menyediakan ambulans selama 24 jam sehari. Sembari menunggu kedatangan ambulans, tim Kavacare juga dapat memberikan panduan untuk merawat luka yang dialami Ibu Y.

Dapatkan Layanan Perawatan Di Rumah  Untuk Orang Yang Anda Cintai

Mulailah dengan mendapatkan layanan konsultasi gratis, dan dapatkan alasan kenapa kebanyakan  orang Indonesia menggunakan layanan homecare Kavacare untuk mendapatkan perawatan kesehatan terbaik dirumah.