3 Rumah Sakit Terbaik di Thailand: Prosedur dan Estimasi Biaya 2024

3 Rumah Sakit Terbaik di Thailand: Prosedur dan Estimasi Biaya 2024

Share

Selain destinasi wisata favorit, Thailand juga jadi tujuan banyak pasien untuk berobat. Terutama prosedur kecantikan, Thailand merupakans salah satu negara pilihan untuk melakukan bedah kosmetik.

Berikut informasi seputar rumah sakit terbaik di Thailand dan prosedur berobat yang perlu Anda ketahui.

Alasan Banyak Pasien Indonesia Berobat ke Thailand

1. Biaya Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan prosedur perawatan di negara barat, Thailand menawarkan biaya yang lebih terjangkau dengan kualitas perawatan salah satu terbaik di dunia. Contohnya untuk prosedur operasi panggul, selisih biaya bisa mencapai 15 – 85% lebih rendah dibandingkan prosedur di Amerika Serikat, Australia, atau Arab Saudi.

2. Kualitas Perawatan Diakui Secara Global

Thailand merupakan salah satu negara Asia paling awal dengan institusi kesehatan yang mendapat akreditasi Joint Commission International (JCI). Akreditasi ini membuktikan fasilitas dan perawatan medis di Thailand mengutamakan pasien dengan standar yang diakui secara internasional.

3. Waktu Tunggu Singkat

Thailand telah mengembangkan sistem agar pasien tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan penanganan. Dibandingkan negara-negara lain, waktu tunggu pasien di Thailand sangat singkat bahkan dapat langsung ditangani langsung saat dibutuhkan.

4. Menyediakan Prosedur Khusus

Beberapa prosedur medis mungkin tidak tersedia di dalam negeri, tetapi dapat dilakukan di Thailand. Contohnya perawatan sel punca (stem cells) atau berbagai prosedur untuk mengatasi infertilitas. Thailand juga terkenal dengan prosedur bedah plastik. Prosedur-prosedur khusus di Thailand dilakukan oleh dokter berpengalaman dan teknologi mutakhir sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping dan komplikasi pasca tindakan.

5. Akses Masuk yang Mudah

Untuk pasien Indonesia, terbang ke Thailand tidak membutuhkan banyak persyaratan. Masih dalam satu kawasan regional, Anda tidak perlu mengurus visa untuk masuk ke Thailand. Penerbangan ke Thailand pun hampir selalu ada. Untuk beberapa negara, bahkan jika turis datang dengan tujuan berobat, diperbolehkan untuk tinggal hingga 90 hari tanpa visa di Thailand.

Panduan Berobat ke Thailand

Untuk kamu yang ingin berobat ke Thailand, berikut ini panduannya agar perjalanan berobat kamu aman dan nyaman:

1. Pilih dan Cari Informasi Rumah Sakit atau Klinik

Tentukan prosedur apa yang Anda ingin jalani di Thailand, kemudian carilah informasi seputar rumah sakit terbaik di Thailand yang memiliki fasilitas untuk prosedur tersebut. Anda bisa mencari informasi dari situs-situs rumah sakit. Ketahui akreditasi rumah sakit atau klinik, juga kualifikasi dokter yang akan menangani.

2. Buat Janji Temu

Mengingat Anda perlu melakukan perjalanan jauh, sebelum berangkat sebaiknya pastikan Anda telah membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit atau klinik tujuan. Jelaskan apa saja kebutuhan Anda. Jika rumah sakit menyetujui pasien mendapat perawatan, barulah akan diberikan tanggal untuk bertemu dengan dokter.

3. Mempersiapkan Tiket dan Akomodasi

Setelah mendapatkan tanggal bertemu dokter, Anda bisa mulai menyiapkan tiket berangkat dan pulang dari Thailand. Sesuaikanlah dengan tanggal, usahakan jaraknya nyaman agar Anda tidak terburu-buru. Persiapkan pula akomodasi yang aksesnya mudah dijangkau, terutama dari rumah sakit atau klinik tujuan.

4. Persiapan Dokumen

Siapkan dokumen-dokumen penting yang wajib dibawa agar perjalanan berobat lancar. Seperti dokumen perjalanan luar negeri (paspor, visa, identitas diri) dan dokumen terkait kondisi medis serta pengobatan pasien.

Persyaratan Berobat ke Thailand Terbaru

Situasi pandemi yang masih berlangsung menyebabkan adanya beberapa perubahan untuk turis luar negeri dapat masuk ke Thailand. Berikut syarat masuk ke Thailand terbaru yang berlaku per 1 Juli 2022.

Sebelum Kedatangan

  • Pengunjung yang telah divaksinasi wajib menunjukkan paspor yang masih berlaku atau surat izin masuk Thailand, serta sertifikat vaksin COVID-19
  • Pengunjung di atas usia 18 tahun wajib telah mendapat vaksinasi penuh, sementara pengunjung usia 5 – 17 tahun setidaknya harus telah divaksinasi dosis 1 dalam kurun waktu 14 hari sebelum kedatangan dengan jenis vaksin yang diakui aman oleh Thailand
  • Pengunjung yang belum divaksin penuh wajib membawa bukti tes negatif PCR atau antigen dari petugas kesehatan

Setelah Kedatangan

  • Melalui skrining awal (cek dokumen, cek kesehatan)

Dokumen yang Dibutuhkan 

  1. Passport
  2. Visa apabila dibutuhkan. WNI tidak membutuhkan visa untuk masuk ke Thailand
  3. Travel Insurance Thailand (tidak diwajibkan, namun sangat disarankan)
  4. Jadwal penerbangan
  5. Bukti pemesanan hotel
  6. Menunjukkan status telah menerima vaksinasi dosis ke dua (dosis ke-2 minimal didapatkan 14 hari sebelum keberangkatan)
  7. Jika tidak atau belum lengkap divaksinasi, dapat menunjukan bukti tes Antigen Professional / RT-PCR (maksimal 72 jam sebelum keberangkatan)

 

Baca Juga: Berobat di Thailand: Langkah dan Estimasi Biaya

 

Rumah Sakit Terbaik di Thailand Favorit Pasien Indonesia

Thailand memiliki 60 rumah sakit terakreditasi oleh Joint Commission International (JCI). Berikut beberapa rumah sakit terbaik di Thailand yang bisa dijadikan pilihan:

1. Bangkok Siriroj Hospital – Phuket Plastic Surgery Institute

BANGKOK HOSPITAL SIRIROJ PHUKET, PPSI, Phuket Plastic Surgery Institute, operasi bariatrik, operasi plastik
Bangkok Hospital Siriroj

Bangkok Siriroj Hospital merupakan rumah sakit berstandar internasional yang telah memiliki akreditasi Joint Commission International (JCI). Bangkok Siriroj Hospital memiliki keunggulan layanan operasi plastik, yaitu Phuket Plastic Surgery Institute. 

Dalam bidang bedah plastik, Bangkok Siriroj Hospital memiliki teknologi canggih 3D Crisalix yang dapat memperlihatkan gambar 3D sebelum dan sesudah prosedur, sehingga Anda bisa mengetahui lebih detail hasil prosedur nantinya.

Bangkok Siriroj Hospital pun banyak menerima pasien internasional, dengan fasilitas dan perawatan terbaik untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan.

 

2. Kamol Cosmetic Hospital

Kamol cosmetic hospital, bangkok, kavacare, estimasi biaya berobat di thailand
Kamol Cosmetic Hospital

Merupakan rumah sakit eksklusif untuk prosedur bedah kosmetik, Kamol Cosmetic Hospital telah terakreditasi Joint Commission International (JCI). Prosedur yang dapat ditangani Kamol Cosmetic Hospital termasuk menyeluruh untuk operasi plastik dari wajah hingga tubuh.

Semua prosedur dilakukan oleh ahli bedah berkualifikasi, ditambah Kamol Cosmetic Hospital menjamin pasien mendapat perawatan setelah prosedur (aftercare) yang terbaik.

 

3. Samitivej Hospitals

Samitivej Chonburi Hospital Thailand, Berobat ke Thailand
Samitivej Chonburi Hospital

Samitivej Hospitals adalah grup rumah sakit swasta di Thailand. Telah memiliki akreditasi Joint Commission International (JCI), Samitivej Hospital juga mengantongi banyak penghargaan seperti Most Improved Hospital in Thailand 2020 dan diakui sebagai rumah sakit ramah ibu-anak oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Layanan unggulan Samitivej Hospital antara lain perawatan kesehatan anak dan pusat kesuburan. Selain itu Samitivej Hospital juga memiliki tenaga-tenaga ahli yang mampu menangani masalah ortopedi serta jantung.

Estimasi Biaya Berobat di Thailand

Untuk estimasi biaya perawatan di Thailand tentunya berbeda-beda, tergantung rumah sakit, klinik, jenis prosedur, dan obat-obatan yang diperlukan. Daftar perkiraan biaya di bawah ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan rumah sakit yang bersangkutan. Untuk informasi lebih lengkap, konsultasikan gratis dengan Konsultan Medis Kavacare di nomor 0857 8000 8707.

ProsedurBiaya dalam THBBiaya dalam Rupiah
Operasi hidung (rhinoplasty)mulai dari THB 50.000 Rp 21,6 juta
Operasi kelopak mata (blepharoplasty)mulai dari THB 45.000 Rp 19,4 juta
Operasi payudara mulai dari THB 125.000 – 200.000 Rp 54 juta – 86 juta

 

Cara Mudah Berobat ke Thailand

Untuk mendapat perawatan pada rumah sakit terbaik di Thailand, ada banyak prosedur yang harus dilalui. Anda yang belum pernah berobat ke luar negeri mungkin cukup kerepotan, atau tidak memiliki cukup waktu mengurus segala persyaratan sendiri.

Cara mudah agar Anda bisa berobat ke Thailand dengan nyaman dan lancar adalah menggunakan jasa medical assistance. Konsultan medis profesional siap memandu, membantu, dan memastikan pengobatan Anda berjalan lancar dan nyaman. Mulai dari mencari rumah sakit atau klinik tujuan berobat, buat janji, hingga mengatur perjalanan berobat Anda sampai tiba kembali ke Indonesia.

Kami juga bisa membantu mengatur jadwal konsultasi dengan dokter di rumah sakit atau klinik pilihan Anda sebelum berangkat berobat. Hubungi kami melalui WhatsApp di 0857 8000 8707 untuk berkonsultasi gratis seputar rumah sakit terbaik di Thailand sesuai kebutuhan medis Anda.

SUMBER

  1. Why is Thailand our Top Destination for Medical Tourism?. https://www.medtravel.asia/why-is-thailand-our-top-destination-for-medical-tourism/#_ftnref9 diakses 10 Agustus 2022.
  2. Thailand’s entry requirements from 1 July 2022: Thailand Pass removed. https://www.tourismthailand.org/Articles/thailand-s-entry-requirements diakses 10 Agustus 2022.
  3. Bangkok Hospital Siriroj. https://www.phuketinternationalhospital.com/en/ diakses 10 Agustus 2022.
  4. Kamol Cosmetic Hospital. https://www.kamolhospital.com/en/Professional-Healthcare/ diakses 10 Agustus 2022.
  5. Samitivej Hospital in Bangkok. https://www.samitivejhospitals.com/ diakses 10 Agustus 2022.
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare