Berobat ke Penang: Cara dan Estimasi Biaya [Februari 2024]

Berobat ke Penang: Cara dan Estimasi Biaya [Februari 2024]

Share

Berobat ke Penang bisa menjadi salah satu opsi bagi Anda yang ingin berobat ke luar negeri. Berobat ke Penang sudah banyak dilakukan oleh pasien dari Indonesia. Selain fasilitas yang baik dan tenaga medis yang kompeten, berbagai rumah sakit di Penang juga memiliki teknologi medis yang cukup canggih dan dokter yang menetap seharian di rumah sakit sehingga mudah dihubungi. Berikut merupakan syarat, cara berobat ke penang, dan estimasi biaya berobat ke Penang yang telah dirangkum Kavacare.

Syarat Berobat ke Penang

Beberapa syarat yang harus Anda persiapkan jika ingin berobat ke Penang antara lain beberapa dokumen seperti paspor dan visa. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan tiket pesawat dan akomodasi selama Anda berada di Penang.

1. Paspor dan Visa

Syarat umum untuk dapat berobat ke Penang yaitu dokumen seperti paspor dan visa. Paspor dan visa merupakan dokumen yang umum dibutuhkan apabila Anda ingin ke luar negeri, baik untuk berobat maupun kepentingan lainnya. 

Untuk keperluan perawatan atau pengobatan, Anda bisa datang bersama 1 orang pendamping. Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun bisa didampingi oleh maksimal 2 orang dewasa. 

2. Bukti Appointment

Pasien perlu menyiapkan bukti appointment agar tidak perlu antri sebagai pasien baru. Akan tetapi, ketika tiba di rumah sakit, pasien tetap perlu registrasi untuk konfirmasi dengan menunjukkan paspor dan appointment slip. Jika merupakan pasien yang ingin melakukan kontrol ulang, cukup menunjukkan appointment slip dan kartu pasien atau nomor pasien.

3. Tiket Pesawat dan Akomodasi

Apabila dokumen persyaratan Anda sudah lengkap, Anda bisa menentukan tanggal kedatangan di Penang. Setelah itu, Anda bisa mulai memesan tiket pesawat serta akomodasi selama Anda berada di Penang.

Cara Berobat ke Penang Bersama KavaLink

1. Konsultasi dengan KavaLinkKavaLink bisa menjadi pilihan Anda untuk berkonsultasi sebelum menjalani pengobatan ke Penang. KavaLink dapat membantu Anda untuk menemukan rumah sakit dan paket pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan layanan Medical Travel Facilitator KavaLink di nomor 0857 8000 8707. Silakan ceritakan keluhan dan kebutuhan Anda, mengirimkan paspor yang masih berlaku untuk registrasi, dan juga hasil-hasil pemeriksaan serta pengobatan yang sudah pernah atau sedang dijalani. Dengan data yang lengkap, Tim medis KavaLink akan membantu mempelajari data yang ada dan bisa memberikan konsultasi yang sesuai.

2. Pilih Rumah Sakit dan Dokter

Layanan Medical Travel Facilitator KavaLink akan merekomendasikan beberapa rumah sakit dan dokter yang sesuai dan tersedia di Penang. Anda bisa berkonsultasi dengan KavaLink untuk memilih rumah sakit dan dokter yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan budget Anda.  Berikut merupakan beberapa rekomendasi untuk rumah sakit unggulan di Penang.

 

Baca Juga: 4 Rumah Sakit di Penang Malaysia Terbaik

 

3. Rencanakan Perjalanan

Setelah menentukan rumah sakit tempat Anda berobat, Anda perlu mengirimkan resume medis untuk selanjutnya direview oleh dokter. Jika dokter menyetujui untuk merawat Anda, Anda akan mendapatkan bukti appointment. Setelah itu, Anda bisa menentukan tanggal kedatangan untuk berobat di Penang.

Untuk kasus evakuasi atau pasien yang memerlukan layanan emergensi atau ICU, perlu menyiapkan dokumen yang lebih lengkap untuk ambulance udara, ijin terbang, atau layak terbang. Selain itu, diperlukan juga kesiapan perlengkapan dan alat medis selama perjalanan dan kamar perawatan (ICU) di rumah sakit yang dituju.

Apabila seluruh persyaratan dokumen Anda sudah lengkap, Anda bisa mulai merencanakan perjalanan Anda selama berobat di Penang. Mulai dari tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan, serta agenda selama di Penang. Kavacare siap membantu Anda untuk mempersiapkan segala rencana dan persyaratan pengobatan Anda ke Penang.

4. Menjalani Perawatan

Pada saat Anda sudah berada di Penang untuk berobat, Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi KavaLink saat Anda memiliki pertanyaan atau kesulitan. Kavacare bisa membantu Anda untuk membuat janji temu dengan dokter, booking transportasi dan akomodasi selama Anda berobat, dan daftar medical check up.

5. Proses Setelah Perawatan Medis Selesai

Setelah selesai melakukan perawatan medis di Penang, Anda bisa pulang atau masih harus kontrol lagi dengan dokter. KavaLink bisa membantu melakukan reminder untuk jadwal berikutnya. Semua tergantung dari kondisi kesehatan Anda.

KavaLink dengan senang hati melayani Anda hingga proses perawatan medis Anda benar-benar selesai. Selalu ingat untuk meminta dan membawa pulang salinan hasil pemeriksaan dan juga riwayat perawatan untuk keperluan di kemudian hari. Bila diperlukan, bisa juga hasil-hasil ini dikirimkan ke KavaLink untuk kami simpan dalam rekam medis elektronik, sehingga bisa digunakan di kemudian hari.

layanan kavalink, berobat ke luar negeri, konsultasi berobat ke luar negeri
Kenapa Harus Menggunakan Layanan KavaLink – Kavacare

Estimasi Biaya Berobat ke Penang

Biaya berobat ke Penang cukup bervariatif, tergantung dari paket pengobatan dan rumah sakit yang Anda pilih. Berikut adalah contoh estimasi biaya berobat ke Penang beserta paket perawatan yang tersedia di Island Hospital dan Sunway Medical Penang.

Estimasi Biaya Berobati di Island Hospital Penang

  • Paket Plus Komprehensif (Pria), mulai dari RM 2499 atau setara dengan Rp 8.250.000
  • Paket Plus Komprehensif (Wanita), mulai dari RM 2799 atau setara dengan Rp 9.240.000
  • Paket Skrining Kesehatan + Penanda Kanker, mulai dari RM 760 atau setara dengan Rp 2.500.000
  • Skrining Aritmia Jantung Komprehensif, mulai dari RM 2088 atau setara dengan RP 6.900.000
  • Paket Check Up sambil wisata ke Penang, mulai dari RM 1338 atau setara dengan Rp 4.500.000
  • Paket Pemeriksaan Gigi Anak, mulai dari RM 98 atau setara dengan Rp 350.000
  • Paket Pemeriksaan Pasca Covid-19, mulai dari RM 450 atau setara dengan Rp 1.500.000

Estimasi Biaya Berobat di Sunway Medical Penang

  • Paket Pneumococcal Vaccine, mulai dari RM 150 atau sekitar RP 500.000
  • Paket ODGS dan Colonoscopy, mulai dari RM 1800 atau sekitar Rp 6.000.000
  • Paket melahirkan, mulai dari RM 3888 atau sekitar Rp 12.800.000
  • Paket skrining kanker paru-paru, mulai dari RM 490 atau sekitar Rp 1.600.000
  • Paket skrining kesehatan, mulai dari RM 290 atau sekitar Rp 950.000
  • Paket operasi bariatrik, mulai dari RM 25000 atau sekitar Rp 82.500.000
  • Paket Swallowable Intragastric Balloon, mulai dari  RM 16000 atau sekitar Rp 52.800.000

Kavacare dapat membantu Anda untuk menemukan rumah sakit dan paket berobat ke luar negeri yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan layanan Medical Assistance KavaLink dari Kavacare di nomor 0857 8000 8707.

Sumber:

  1. Berobat ke Malaysia dan Penang : Langkah dan Estimasi Biaya. https://www.kavacare.id/berobat-ke-malaysia-dan-penang-langkah-dan-estimasi-biaya/ Diakses pada 5 November 2023
  2. Island Hospital. https://packages.islandhospital.com/view-all-packages/ Diakses pada 5 November 2023
  3. Sunway Medical Centre Penang. https://www.sunwaymedicalpenang.com.my/id/promotion/ Diakses pada 5 November 2023
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare