Cara Berobat ke Turki [Februari 2024]

Cara Berobat ke Turki [Februari 2024]

Share

Wisata medis akhir-akhir ini menjadi semakin diminati berbagai kalangan. Kesempatan untuk mendapatkan pelayanan berstandar internasional dengan teknologi medis yang maju menjadi daya tarik tersendiri. 

Turki merupakan destinasi wisata medis yang cukup diminati, termasuk oleh pasien dari Indonesia. Berikut informasi tentang cara dan estimasi biaya berobat ke Turki yang telah dirangkum Kavacare.

Kenapa Harus Berobat ke Turki?

Turki telah menjadi salah satu tujuan negara wisata bagi warga Indonesia, tetapi ternyata warga Indonesia juga melirik negara ini sebagai pilihan untuk melakukan pengobatan di luar negeri. Beberapa publik figur Indonesia, seperti Ashanty dan Indra Kenz juga memilih pengobatan di negeri tersebut.

Apa alasan warga Indonesia tertarik untuk berobat ke Turki?

Harga yang Terjangkau

Dibanding dengan negara tujuan lain untuk berobat terutama di Eropa, Turki memberikan harga yang cukup terjangkau. Biaya penanganan medisnya bahkan mencapai dua kali lipat lebih rendah dibandingkan Amerika dan cukup kompetitif dibanding negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia dan Singapura. Dengan pelayanan turis asing, rumah sakit juga kerap memberikan harga khusus. 

Penanganan Medis Berteknologi Tinggi

Tidak hanya memiliki beragam prosedur penanganan dari operasi jantung hingga operasi estetika, sebagian besar rumah sakit di Turki juga telah memiliki pengobatan berbasis nuklir. Hal ini menunjukkan majunya teknologi medis di sana.

Destinasi Liburan

Tidak hanya untuk berobat, Turki memang telah menjadi perhatian wisatawan Indonesia untuk berlibur. Dengan kekayaan budaya dan keindahan tempat wisata, seperti Cappadocia, Ankara, Istanbul, dan lain sebagainya, tidak heran warga Indonesia tertarik untuk berobat ke sana sekaligus mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Pelayanan Turis Asing yang Memadai

Untuk melayani wisatawan asing yang hendak melakukan pengobatan di Turki, rumah sakit di Turki menyediakan manajer khusus yang berhubungan dengan pasien. Dengan memberikan bantuan, dari dokumen perjalanan hingga akomodasi selama proses pengobatan, pelayanan ini memberikan kemudahan yang menarik bagi warga Indonesia yang memilih untuk berobat ke sana.

 

Baca Juga: 5 Langkah Persiapan Berobat ke Luar Negeri

 

Langkah dan Cara Berobat ke Turki

Untuk menjalani pengobatan di Turki, Anda dapat menggunakan agen perjalanan medis yang akan membantu Anda selama proses pengobatan di negara tersebut. Berikut ini adalah langkah dan cara berobat ke Turki.

1. Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Untuk berobat ke Turki, pertama-tama Anda sebaiknya berkonsultasi dengan rumah sakit atau agen wisata medis terkait. Kebanyakan rumah sakit dan tenaga medis di rumah sakit Turki sudah menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk berkonsultasi.

Biasanya, Anda akan berhadapan dengan Manajer Hubungan Pasien (PRM-Patient Relationship Manager) yang akan membantu komunikasi Anda dengan dokter dan pihak rumah sakit.

2. Mempersiapkan Pembayaran

PRM biasanya akan mengomunikasikan rencana pengobatan, biaya pengobatan, termasuk informasi-informasi terkait lainnya. Anda bisa mulai merancang pengobatan Anda dari awal dan mempersiapkan pembayaran rumah sakit. Jika Anda ingin menggunakan asuransi, cari informasi mengenai bagaimana pelunasan pembayarannya sejak sebelum berangkat.

3. Persiapkan Dokumen Penting

Siapkan semua dokumen yang sekiranya diperlukan untuk berobat ke Turki. Saat ini, pasien Indonesia tidak memerlukan visa untuk bisa menjalani pengobatan di Turki. Selain dokumen keberangkatan, jangan lupa berjaga-jaga dengan membawa rekam medis dan dokumen sejenis lainnya.

4. Cek Tiket dan Akomodasi

Pastikan Anda sudah mendapatkan tiket penerbangan ke Turki setelah mengatur janji temu dengan dokter. Jangan sampai tiba terlambat atau lewat dari hari yang dijanjikan. Cari juga akomodasi terdekat dari rumah sakit tujuan untuk mempermudah aksesibilitas selama berobat.

Daftar Rumah Sakit Terbaik di Turki

Acibadem Hospital Group Rekomendasi Rumah Sakit di Turki
Acibadem Hospital Group
  1. Acibadem Hospital Group, Istanbul, Turkey: Rumah sakit ini berfokus sebagai destinasi wisata medis dan telah dilengkapi peralatan berteknologi tinggi yang telah berstandar internasional. Terdapat pusat kanker (operasi, radioterapi, kemoterapi), Pusat Kesehatan Jantung (pediatrik dan kardiologi orang dewasa dan operasi jantung), pusat invitro fertilisasi, pusat transplantasi organ (hati, ginjal, sumsum tulang belakang), pusat pengobatan cedera olahraga yang diakreditasi FIFA, dan pusat operasi robotik.
  2. LIV Hospital, Istanbul: Terdapat banyak ahli medis dan dokter-dokter spesialis dari berbagai bidang, dari onkologi, kesehatan jantung, sampai vertigo. Prosedur operasi di rumah sakit ini juga telah menggunakan teknologi robotik dengan teknik invasif minimal. Di rumah sakit ini tersedia International Guest Center yang memberikan pelayanan menyeluruh pada pasien internasional.
  3. Istinye University Hospital, Istanbul: Berafiliasi dengan Liv Hospital dan Medical Park Group, rumah sakit ini juga menyediakan layanan kesehatan unggulan. Dengan fasilitas 307 tempat tidur, 94 tempat tidur ICU, dan 12 ruang operasi, Istinye University Hospital menyediakan berbagai layanan kesehatan dari prosedur medis general hingga prosedur medis pediatrik. Rumah sakit ini bahkan mempunyai ruang ICU khusus anak.
  4. Medical Park Group, Istanbul: Rumah sakit yang satu ini telah mendapatkan akreditasi JCI sehingga tidak diragukan lagi pelayanannya berstandar internasional. Memiliki pelayanan pasien internasional secara menyeluruh, Anda bisa memilihnya sebagai salah satu pilihan wisata medis. Medical Park memberikan pelayanan bagi turis asing berupa koordinasi dengan rumah sakit, dokter, dan bantuan persiapan travel.
  5. American Hospital, Istanbul: Rumah sakit ini terkenal dengan departemen operasi lasiknya. Tenaga medis yang terlatih telah menangani banyak kasus penglihatan bagi pasien berbagai usia. Ada lebih dari 6 juta masalah penglihatan yang sudah ditangani menggunakan laser ini. Rumah sakit ini juga mempunyai salah satu pusat kanker dan radiologi terbaik di Turki.
  6. Emsey Hospital, Pendik: Emsey Hospital telah memperoleh akreditasi dari JCI. Rumah sakit ini sendiri mempunyai departemen anestesi dan reanimasi, pusat operasi tulang belakang terkemuka, pusat transplantasi sumsum tulang belakang, termasuk pula penanganan estetik, seperti transplantasi rambut dan dermatologis.
  7. Memorial Şişli Hospital: Rumah sakit ini telah menerima sertifikat akreditasi selama 2 tahun berturut-turut setelah pendiriannya. Terdapat berbagai pusat layanan medis khusus, seperti pusat kesehatan dan penyakit organ dalam, Pusat Genetik, Pusat Stroke, Pusat Kesehatan dan Penyakit Payudara, Pusat Onkologi, Pusat Operasi Robotik Da Vinci, dan Pusat Transplantasi Sumsum Tulang Belakang.
  8. Koç University Hospital: Merupakan rumah sakit penelitian ternama di Turki, rumah sakit ini telah memajukan metode pengobatan untuk kanker, penyakit hematologis, penyakit kardiovaskular, neurosurgery, dan penyakit-penyakit lainnya. Rumah sakit ini juga memfokuskan pada onchematology pediatri, khususnya transplantasi sumsum tulang belakang dan kemoterapi.
  9. Estethica Ataşehir Hospital: Rumah sakit ini merupakan rumah sakit estetika terbaik di Turki. Menangani berbagai operasi plastik dan operasi estetik, seperti transplantasi rambut, dermatologis dan estetika medis, kesehatan oral dan gigi, termasuk klinik akupuntur dan penanganan pada varises.

Berapa Estimasi Biaya Berobat ke Turki?

Berikut ini beberapa estimasi biaya penanganan medis di Turki, yang Anda bisa bandingkan dengan pengobatan di negeri sendiri.

Tindakan/LayananBiaya dalam USDBiaya dalam Rp
Prosedur penggantian panggul12.000-14.000185,5 juta – 216,4 juta
Penanganan operasi lasik581-7268,9 juta – 11,2 juta
Operasi bypass jantung12.000185,5 juta
Angioplasty3.50054 juta
Implan gigi500-8007,7 juta – 12,3 juta
Rhinoplasty3.10047,9 juta
Transplantasi rambut1.700-2.00026,2 juta – 30,9 juta
Liposuction1.250-3.00020,8 juta – 46,3 juta

 

Biaya yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan rumah sakit. Untuk mendapatkan estimasi biaya yang lebih tepat, Anda bisa menghubungi layanan Konsultan Medis KavaLink dari Kavacare di nomor Whatsapp 0857-8000-8707.

Berobat ke Turki dengan KavaLink

Untuk mendapatkan kemudahan berobat ke Turki, Anda bisa menggunakan layanan medical travel facilitator KavaLink dari Kavacare. Dengan layanan ini, Anda akan memperoleh keuntungan-keuntungan, antara lain:

  • Informasi dokter dan rumah sakit yang direkomendasikan
  • Booking konsultasi dengan dokter spesialis
  • Booking akomodasi atau transportasi selama berobat
  • Perhitungan estimasi biaya pengobatan, dan lain-lain.

Semua layanan di atas bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma dan tidak dipungut biaya apa pun. Dengan layanan tersebut, perjalanan Anda untuk berobat ke Turki akan jauh lebih mudah dan nyaman. Untuk mendapatkan layanan di atas, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp KavaLink di 0857-8000-8707.

 Sumber:

  1. https://investor.id/lifestyle/300672/incar-pasar-indonesia-acibadem-buka-kantor-informasi-di-jakarta (25 September 2022)
  2. https://istanbulhomes.com/buying-in-turkey/healthcare-system (25 September 2022)
  3. https://assist.linksehat.com/ (25 September 2022)
  4. https://www.medicalcenterturkey.com/ (25 September 2022)
dr. Samuel Hanky
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

dr. Samuel Hanky

Medical Consultant Kavacare