Konsultasi Psikolog di Rumah

Konsultasi Psikolog di Rumah

Share

Setiap orang memiliki permasalahan dan kegelisahan yang mungkin sulit untuk diceritakan pada orang lain. Jika terus-menerus disimpan sendiri, hal ini dapat menimbulkan stress hingga mengganggu kesehatan psikis dan produktivitas sehari-hari. 

Itulah kenapa peran terapis seperti psikolog hingga psikiater mungkin diperlukan. Psikolog (dan psikiater, untuk kondisi mental yang lebih parah) dapat membantu seseorang untuk meregulasi emosi dan menangani masalah kesehatan mental. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki waktu atau mungkin tenaga untuk keluar rumah dan mendapatkan konsultasi psikolog.  

Oleh karena itu, Kavacare menghadirkan layanan psikolog klinis dan psikiater ke rumah Anda. Layanan ini berupa telekonsultasi atau visit ke rumah. Dengan begitu, Anda bisa menjalani konsultasi dengan tenang dan nyaman. Hubungi Kavacare Support melalui Whatsapp 0811 1446 777.

Kapan Saya Perlu Layanan Psikolog atau Psikiater?

Ada berbagai alasan dan kondisi yang dapat mendorong Anda untuk mencari bantuan dari psikolog atau bahkan psikiater. Layanan konseling dengan psikolog merujuk pada berbagai penanganan yang bertujuan membantu seseorang mengidentifikasi dan memperbaiki masalah emosi, pikiran, dan perilaku

Secara umum, konsultasi dengan psikolog bertujuan agar pasien bisa mengurangi gejala psikis yang dirasakan serta menjaga kondisi kesehatan mental. Harapannya, pasien bisa kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik serta meningkatkan kualitas hidupnya.

Anda juga mungkin membutuhkan layanan konsultasi dengan psikolog ketika:

  • Menghadapi stress dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti masalah dalam pekerjaan, situasi atau kondisi keluarga, hingga kehilangan seseorang yang disayangi.
  • Memiliki gejala tertentu yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya secara pasti. Gejala ini bisa termasuk berkurangnya minat pada hal yang disukai, perubahan pola tidur atau pola makan, badan terasa lemas, dan sering merasa gelisah atau mudah marah.
  • Mengurus atau mendukung anggota keluarga dengan kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi kesehatan mental. Contohnya seperti memiliki penyakit kronis atau kanker.
  • Mendapatkan diagnosis atau dugaan adanya gangguan mental oleh tenaga medis profesional.

Cara Mendapatkan Layanan Psikolog di Rumah

Jika memiliki salah satu atau lebih dari gejala yang mengarah pada gangguan kesehatan mental, Anda perlu untuk segera mencari bantuan dari psikolog profesional. Psikolog dapat membantu untuk mengenali gejala yang dirasakan serta menelusuri bersama akar permasalahan yang menjadi penyebabnya. 

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan konseling bersama psikolog atau psikiater di rumah, hubungi Kavacare Support di WA 0811 1446 777.

Simak bagaimana cara melakukan konseling bersama psikologi di rumah dari Kavacare:

  1. Pasien atau keluarga pasien menghubungi Kavacare dan memberikan data identitas serta pemeriksaan penunjang lainnya yang diperlukan. Customer support kami akan memberikan opsi layanan yang diperlukan sesuai kondisi pasien.
  2. Customer Support Kavacare akan membantu mengecek ketersediaan jadwal psikolog atau psikiater yang dibutuhkan.
  3. Jika jadwal sudah sesuai, pasien atau keluarga pasien akan mengonfirmasi kesediaan jadwal untuk melakukan konsultasi. 

psikolog di rumah, konsultasi psikolog

Biaya Layanan Psikolog di Rumah

Berikut ini daftar layanan psikolog klinis dan psikiater yang tersedia di Kavacare:

LayananJenisBiaya/Jam
Psikolog Klinis < 5 TahunTelekonsultasiRp330.000
Psikolog Klinis > 5 TahunTelekonsultasiRp660.000
Visit ke RumahRp1.650.000
Psikiater TelekonsultasiRp660.000
Visit ke RumahRp1.650.000

Biaya di atas merupakan biaya pada hari kerja sebelum pukul 19.00 WIB. Di atas jam 19.00 WIB terdapat biaya surcharge. Untuk informasi lengkap mengenai kunjungan psikolog ke rumah, konsultasikan dengan Kavacare Support melalui WhatsApp di 0811-1446-777.

* Terdapat surcharge 50% saat weekend dan surcharge 100% di hari libur nasional

** Belum termasuk biaya transportasi, biaya administrasi, obat, dan alat kesehatan tambahan.

Pertanyaan Seputar Konsultasi Psikolog

Berapa Biaya Konsultasi dengan Psikolog di Rumah?

Besar biaya konseling dengan psikolog bisa bervariasi. Hal ini tergantung psikolog dan jenis layanan yang Anda ambil. Layanan psikolog di Kavacare tersedia secara online melalui telekonsultasi dan offline melalui kunjungan psikolog ke rumah. Biayanya mulai dari Rp330.000 per satu sesi selama 60 menit. 

Apa yang Saya Dapatkan Saat Konsultasi Psikolog atau Psikiater?

Selama konsultasi, Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan terkait masalah yang Anda alami. Anda juga dapat menceritakan bagaimana perasaan Anda terhadap masalah tersebut. 

Psikolog atau psikiater kemudian akan menjelaskan apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapinya. Anda mungkin akan disarankan melakukan kegiatan tertentu untuk membantu terapi, seperti menuliskan perasaan Anda dalam jurnal.

Anda boleh mengajukan pertanyaan pada psikolog atau psikiater kapanpun selama sesi konsultasi berlangsung. Sebelum sesi berakhir, psikolog akan merangkum hasil konsultasi dan menanyakan bagaimana perasaan Anda setelah menjalani konsultasi. Pada kondisi tertentu, psikiater dapat meresepkan obat sesuai diagnosis yang diberikan.

Apakah Lebih Baik Konsultasi Psikolog Online atau Offline?

Untuk menentukan jenis layanan konseling, Anda harus mengenal preferensi pribadi terlebih dahulu. Apakah lebih nyaman untuk berbicara secara langsung dengan tatap muka, atau secara online melalui telepon atau video call? Jika ingin secara online, pastikan Anda memiliki koneksi dan gadget yang memadai.

Selain itu, kenali juga bagaimana gejala yang dirasakan. Jika gejala yang terasa masih ringan, Anda bisa memilih layanan telekonsultasi. Di sisi lain, kunjungan ke rumah oleh psikolog atau psikiater diperlukan bagi pasien yang menunjukkan gejala berat. 

Apabila masih ragu, Kavacare Support dan Tim Case Manager akan membantu menyusun rencana konseling yang tepat untuk kondisi Anda.

Penyakit Apa Saja yang Harus ke Psikolog?

Kondisi yang perlu ditangani dengan bantuan psikolog di antaranya masalah perilaku, depresi, kecemasan, dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Sedangkan psikiater lebih diperlukan untuk menangani kondisi mental yang lebih kompleks, seperti depresi parah, skizofrenia, atau bipolar disorder.

Apa yang Harus Dilakukan saat Saya Pertama Kali Konseling dengan Psikolog?

Memutuskan menjalani konseling dengan psikolog untuk pertama kalinya membutuhkan keberanian dan kekuatan yang besar. Anda mungkin masih bingung apa saja yang harus dilakukan ketika memulainya. 

Yang perlu dipahami sejak awal, psikolog tidak akan memecahkan masalah Anda. Psikolog hanya bertugas membantu Anda untuk fokus pada diri sendiri, menunjukkan hal-hal yang bisa dan tidak bisa Anda ubah, serta cara menghadapi masalah yang sedang ada di depan mata. 

Anda juga perlu bersiap dengan berbagai pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh psikolog. Buka hati secara perlahan agar bisa membicarakan apa yang Anda rasakan sedikit demi sedikit. Selama sesi konsultasi berjalan, Anda mungkin akan merasa lelah secara emosional, namun hal ini bukan masalah sama sekali. Jalanilah sesi konseling dengan jujur dan terbuka. 

Dapatkan layanan konsultasi dengan psikolog dari homecare Kavacare. Hubungi Kavacare Support melalui WA 0811 1446 777 untuk mendapatkan jadwal konsultasi Anda atau orang terkasih di rumah.

Selain layanan konsultasi psikolog di rumah, Kavacare juga menyediakan layanan homecare lainnya seperti:

Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare