6 Langkah Menjaga Kesehatan Mata

6 Langkah Menjaga Kesehatan Mata

Share

Hidup berdampingan dengan teknologi yang memaksa untuk terus melihat layar membuat mata harus diberikan istirahat yang cukup agar tetap sehat. Tidak hanya itu, semakin bertambah tua, mata Anda akan menurun fungsinya. Karenanya, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Beberapa penyakit mata seperti degenerasi makula (macular degeneration), katarak dan glaukoma disebabkan oleh penuaan. Presbiopi atau kehilangan kemampuan untuk memfokuskan mata dalam jarak dekat sehingga harus membaca sesuatu di buku atau HP dengan jarak yang agak jauh dari biasanya juga umum terjadi ketika memasuki usia 40-50 tahun

Untuk mengurangi kemungkinan terpapar penyakit-penyakit mata tersebut, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang telah dihimpun Kavacare di bawah ini.

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata

1. Pemeriksaan Mata Komprehensif

Lakukan pemeriksaan mata melebar yang komprehensif (comprehensive dilated eye exam). Walaupun Anda merasa mata Anda tidak bermasalah, pemeriksaan ini perlu dilakukan sebagai pencegahan karena banyak penyakit mata yang tidak memiliki gejala atau peringatan. Pemeriksaan ini sederhana, tidak menyakitkan dan menjadi satu-satunya cara untuk mendeteksi penyakit seperti degenerasi makula, glaukoma dan penyakit mata akibat diabetes.

2. Jaga Kadar Gula Darah

Pertahankan level gula darah. Dengan mempertahankan level gula darah, tekanan darah dan kolesterol, Anda dapat mencegah berbagai penyakit mata dan kebutaan yang disebabkan oleh diabetes.

 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Normal

 

3. Riwayat Kesehatan Mata

Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga Anda. Beberapa penyakit dan kondisi mata seperti degenerasi makula dan glaukoma sifatnya turun-temurun, maka dari itu penting untuk mengetahui penyakit mata apa saja yang berada dalam keluarga Anda.

4. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan diri Anda dapat memberi dampak pada kesehatan mata Anda. Memakan makanan yang sehat seperti sayur-mayur hijau (bayam dan kale), ikan yang tinggi akan asam lemak omega 3 (salmon dan tuna) juga dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Kemudian tetap aktif secara fisik dengan rutin berolahraga dapat mengurangi risiko terkena kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan mata Anda seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Selain itu, beberapa riset membuktikan bahwa merokok meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak hingga kerusakan saraf mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Oleh karenanya, disarankan untuk berhenti merokok dan jauhi rokok sama sekali.

5. Istirahatkan Mata

Berikan istirahat yang cukup pada mata Anda. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar atau berfokus pada satu hal dalam waktu yang lama, Anda seringkali lupa untuk mengedipkan mata dan dapat membuat mata Anda kelelahan. Berikan istirahat pada mata Anda dengan peraturan 20-20-20: setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat hal-hal yang jaraknya sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) dari mata Anda selama 20 detik. Rutinitas ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata Anda dengan mengurangi ketegangan pada mata.

6. Perhatikan Kebersihan Lensa Kontak

Jika menggunakan lensa kontak, bersihkan dengan benar. Selain itu, agar terhindar dari risiko infeksi mata, selalu cuci tangan Anda sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Kemudian bersihkan lensa kontak sesuai instruksi dan ganti lensa kontak secara rutin

Pertanyaan Umum Seputar Kesehatan Mata

Nutrisi Apa Saja yang Membuat Mata Sehat?

  1. Vitamin A

Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata Anda karena retina membutuhkan vitamin A untuk mengubah cahaya menjadi gambar yang biasanya kita lihat. Vitamin A juga mencegah mata kering. Berikut beberapa penghasil vitamin A yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Blewah
  • Aprikot
  1. Vitamin C

Vitamin C penting untuk menjaga kesehatan mata karena merupakan antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari hal-hal buruk dari sesuatu yang kita makan, kebiasaan buruk dan lain sebagainya. Berikut ini penghasil vitamin C yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

  • Jeruk
  • Jeruk keprok atau jeruk mandarin
  • Anggur
  • Lemon
  • Persik
  • Tomat
  • Stroberi

 

Baca Juga: Konsumsi Wortel untuk Mencegah Mata Minus, Benarkah?

 

  1. Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Berikut ini penghasil vitamin E yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

  • Alpukat
  • Kacang almond
  • Biji bunga matahari
  1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan, menurut riset, dapat membantu mengurangi risiko terpapar penyakit mata yang terjadi akibat penuaan. Berikut ikan-ikan dengan asam lemak omega-3 yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

  • Salmon
  • Tuna
  • Sarden
  1. Lutein, Zeaxanthin dan Zinc

Lutein dan zeaxanthin berperan sebagai antioksidan untuk melindungi makula, yang bertugas untuk memberikan pandangan kepada kita. Sedangkan zinc membuat retina tetap sehat dan melindungi mata dari efek cahaya yang merusak. Berikut sayur, kacang dan berbagai macam pangan yang dapat dikonsumsi oleh Anda untuk menjaga kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin:

  • Kale
  • Bayam
  • Brokoli

Zinc:

  • Kacang tunggak (black-eyed peas)
  • Kacang jogo (kidney beans)
  • Telur
  • Tiram
  • Unggas (seperti ayam, bebek dan kalkun)

Bagaimana Merawat Mata agar Tidak Cepat Lelah?

Untuk menjaga mata agar tidak cepat lelah, kering, atau mengalami ketegangan, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti di bawah ini:

  • Hindari asap rokok
  • Gunakan pelindung mata ketika berkendara
  • Berlakukan peraturan 20-20-20
  • Atur layar komputer atau gawai Anda sehingga tidak terlalu dekat dengan mata
  • Gunakan kacamata khusus atau lensa kontak jika dibutuhkan
  • Kompres kelopak mata dengan air hangat
  • Gunakan tetes mata jika dibutuhkan

Bolehkah Menggunakan Obat Tetes Mata Setiap Hari?

Obat tetes mata digunakan untuk memberikan kelembaban dan kesegaran untuk mata kering karena beberapa sebab, seperti kelelahan atau dalam kondisi lingkungan yang kering. Anda dapat membeli obat tetes mata tanpa resep dokter karena umumnya aman untuk digunakan. Obat tetes mata yang tidak menggunakan pengawet kimia dan biasa digunakan untuk mata kering tingkat menengah aman untuk digunakan setiap hari. Meskipun begitu, obat tetes mata mungkin memiliki efek samping seperti pandangan yang kabur bahkan reaksi alergi.

Apa yang Perlu Dilakukan Ketika Mata Terasa Pegal?

Perawatan terhadap mata yang terasa pegal tergantung pada penyebabnya. Hal-hal seperti mata kering, alergi, cedera mata hingga glaukoma dapat menyebabkan mata terasa pegal bahkan sakit. Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan ketika mata Anda terasa pegal seperti di bawah ini.

  • Berikan istirahat pada mata Anda
  • Hindari asap rokok
  • Gunakan obat tetes mata jika diperlukan

Jika pegal pada mata tidak kunjung hilang, segera konsultasikan pada dokter.

Apakah HP bisa merusak mata?

Beberapa masalah yang disebabkan oleh penggunaan layar komputer, tablet dan HP secara berkepanjangan disebut dengan Sindrom Penglihatan Komputer atau computer vision syndrome. Hal ini dapat terjadi karena seringkali mata bekerja lebih keras ketika melihat layar komputer atau HP. Masalah yang disebabkan oleh sindrom ini seperti:

  • Ketegangan pada mata
  • Sakit kepala
  • Pandangan yang kabur
  • Mata mengering

 

Baca Juga: 6 Prosedur Operasi Mata untuk Gangguan Penglihatan

Masalah-masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti pencahayaan yang buruk, silau pada layar, jarak antara layar dan mata yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Meski kebanyakan gejala ini sementara dan dapat dihilangkan ketika mengurangi penggunaan HP atau layar lainnya, kemampuan mata dalam melihat bisa terus berkurang. Bahkan dapat memburuk jika melihat layar dalam waktu yang lama secara terus-menerus. 

Meski begitu, permasalahan seperti di atas tergantung pada kemampuan visual Anda dan seberapa lama melihat layar. Hal-hal tersebut juga dapat dicegah dengan penempatan posisi duduk yang benar, kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan pengaturan terhadap layar

Ketika mata Anda terasa mengalami masalah-masalah sindrom penglihatan komputer seperti di atas, konsultasikan melalui telekonsultasi dengan dokter Kavacare di nomor WhatsApp 0811 1446 777

Sumber:

  1. Computer vision syndrome. https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/computer-vision-syndrome?sso=y. Diakses pada 11 Januari 2023.
  2. 36 Fabulous Foods to Boost Eye Health. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/fabulous-foods-your-eyes. Diakses pada 11 Januari 2023.
  3. Lubricating Eye Drops for Dry Eyes. https://www.aao.org/eye-health/treatments/lubricating-eye-drops. Diakses pada 11 Januari 2023.
  4. Eye Strain: How to Prevent Tired Eyes. https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-eye-strain. Diakses pada 11 Januari 2023.
  5. Home Remedies for Simple Eye Problems. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/home-remedies. Diakses pada 11 Januari 2023.
  6. Sore Eyes (Eye Pain): Causes, Treatment, and More. https://myvision.org/eye-conditions/sore-eyes/. Diakses pada 11 Januari 2023.
  7. Keep Your Eyes Healthy. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy. Diakses pada 11 Januari 2023.
  8. Common Eyes Disorders and Diseases. https://www.cdc.gov/visionhealth/basics/ced/index.html. Diakses pada 11 Januari 2023.
  9. Tips to Prevent Vision Loss. https://www.cdc.gov/visionhealth/risk/tips.htm. Diakses pada 11 Januari 2023.

 

Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare