Cheek Augmentation: Prosedur dan Estimasi Biaya

Cheek Augmentation: Prosedur dan Estimasi Biaya

Share

Cheek augmentation adalah prosedur untuk menambah volume dan dukungan pada pipi untuk menciptakan pipi yang indah. Prosedur ini umumnya dipilih oleh mereka, baik pria maupun wanita yang merasa tidak puas dengan struktur tulang pipi alaminya dan ingin menciptakan tampilan yang lebih bersudut.

Prosedur ini juga sering dipilih mereka yang menyadari hilangnya volume pipi seiring bertambahnya usia dan ingin mengembalikan penampilan awet muda. Untuk lebih jelasnya mengenai prosedur cheek augmentation untuk memperindah penampilan pipi, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Cheek Augmentation?

Cheek augmentation (augmentasi pipi) atau pembesaran pipi merupakan prosedur kosmetik yang digunakan untuk meningkatkan atau mengembalikan bentuk, ukuran, dan kepenuhan wajah. Prosedur ini membantu menciptakan struktur wajah yang lebih seimbang dan penampilan yang lebih mudah dengan meningkatkan volume di pipi.

Beberapa orang merasa tidak percaya diri karena pipi mereka kehilangan volume. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, termasuk genetik, kelainan bawaan, asimetri, pengecilan wajah akibat penurunan berat badan, penuaan atau penyakit, hingga trauma atau reseksi bedah. 

Hilangnya volume pipi biasanya juga disertai dengan berkembangnya kulit tipis dan kering akibat hilangnya elastisitas, pola kolagen dan serat elastis. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna menjadi gelap dan munculnya kantung mata.

Perubahan di atas dapat membuat kulit wajah menjadi kendur dan kempes. Profil samping wajah juga menjadi rata karena berkurangnya proyeksi pipi yang dapat membuat wajah terlihat cekung dan membuat terlihat lelah atau lebih tua. Jika Anda mengalami perubahan ini dan ingin melakukan intervensi, prosedur cheek augmentation mungkin tepat untuk Anda.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, seringkali prosedur pembesaran pipi juga dikombinasikan dengan prosedur wajah lain, seperti rhinoplasty (operasi hidung) atau facelift (pengencangan wajah).

Kapan Membutuhkan Cheek Augmentation?

Anda mungkin membutuhkan cheek augmentation ketika Anda merasa terganggu dengan penampilan pipi yang terlalu datar, kurus, atau kendur dan ingin memiliki pipi lebih bervolume atau tulang pipi lebih tinggi/ menonjol.

Namun, terdapat beberapa kriteria yang mungkin harus dipenuhi untuk menjadi kandidat yang baik dalam prosedur augmentasi pipi ini, diantaranya yaitu:

  • Sehat secara fisik dan berat badan stabil.
  • Memiliki harapan yang realistis.
  • Tidak merokok.

Anda bisa berkonsultasi lebih mendalam bersama dokter untuk menentukan apakah augmentasi pipi menjadi prosedur yang tepat untuk mengatasi permasalahan Anda. 

 

Baca Juga: Prosedur Fat Graft: Manfaat dan Estimasi Biaya

 

Persiapan Sebelum Cheek Augmentation

Sebelum melakukan augmentasi pipi, Anda mungkin akan diminta untuk:

  • Menjalani pemeriksaan kesehatan dan evaluasi medis.
  • Berhenti merokok.
  • Minum obat tertentu yang telah diresepkan oleh dokter.
  • Menghentikan sementara waktu konsumsi obat pengencer darah seperti aspirin, obat antiinflamasi, dan suplemen herbal tertentu dan vitamin C. Hal ini dikarenakan obat-obatan tersebut dapat meningkatkan perdarahan.
  • Anda juga harus mengajukan cuti di tempat kerja terlebih dahulu karena mungkin perlu menghabiskan sekitar satu minggu di rumah untuk memastikan pemulihan yang lebih aman.

Bagaimana Prosedur Cheek Augmentation?

Operasi augmentasi pipi biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Prosedurnya mencakup langkah-langkah berikut ini:

1. Anestesi

Untuk kenyamanan pasien selama prosedur pembedahan, pasien diberikan anestesi oleh dokter yang dapat meliputi anestesi lokal, anestesi umum, atau sedasi intravena. Dokter akan merekomendasi jenis anestesi terbaik untuk Anda. 

2. Sayatan

Prosedur augmentasi pipi memerlukan sayatan yang berbeda tergantung teknik yang digunakan. 

  • Fat transfer (transfer lemak). Jika menggunakan teknik transfer lemak, dokter bedah akan membuat sayatan kecil untuk mengambil lemak dari area perut, panggul, dan punggung lalu memindahkannya ke pipi. Tidak semua lemak akan bertahan yang membuat suntikan ulang dikemudian hari mungkin diperlukan.
  • Implan pipi. Jika menggunakan teknik implan pipi, maka sayatan akan dibuat berdasarkan pendekatan pilihan dokter bedah Anda. Implan pipi adalah implan padat yang biasanya terbuat dari silikon medis. Ada beberapa ahli bedah plastik yang memasukkan implan pipi melalui sayatan di dalam mulut dan menempatkannya langsung pada (atau bahkan di bawah) tulang pipi. Ada juga ahli bedah plastik lain yang menempatkan implan pipi melalui sayatan di bawah kelopak mata. 

3. Menutup Sayatan 

Setelah itu, dokter akan menutup sayatan pada kulit menggunakan jahitan, plester, atau staples.

4. Hasil

Augmentasi pipi akan menghasilkan pipi yang lebih penuh atau bervolume dan mungkin tampak lebih lembut, bahkan terlihat terangkat. Hasil augmentasi pipi dengan teknik transfer lemak biasanya dapat bertahan beberapa tahun. Sedangkan teknik implan pipi padat menawarkan hasil yang bersifat permanen. 

Perawatan Pasca-Prosedur Cheek Augmentation

Anda mungkin akan merasakan rasa sakit dan ketidaknyamanan pasca operasi seperti nyeri ringan sampai sedang, pembengkakan dan memar ringan. Berikut beberapa perawatan pasca prosedur augmentasi pipi untuk membantu pemulihan:

  • Minum obat yang diresepkan oleh dokter untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan/atau mengurangi risiko infeksi selama beberapa waktu setelah prosedur.
  • Kompress dingin selama 72 jam pertama, dilanjut kompres hangat selama 1,5 minggu berikutnya untuk mengatasi pembengkakan.
  • Pada minggu pertama setelah prosedur disarankan untuk melakukan diet cair, dilanjutkan diet lunak pada minggu kedua. Lalu beralih ke diet normal, tetapi hindari makanan yang keras seperti almond selama minimal 3 bulan.
  • Jika dokter bedah Anda menggunakan jahitan yang tidak dapat larut, maka jahitan tersebut perlu dilepas di klinik 5-7 hari kemudian.
  • Jika dokter bedah Anda membuat sayatan di dalam mulut Anda, maka mungkin ada instruksi khusus yang diberikan oleh dokter untuk menjaga kebersihan mulut Anda. 

 

Baca Juga: 7 Hal Penting dalam Pemulihan Operasi Plastik

 

Pertanyaan Seputar Cheek Augmentation

Adakah Tindakan Alternatif Cheek Augmentation?

Cheek augmentasi memiliki beberapa jenis prosedur yang berbeda. Untuk pilihan pembedahan, terdapat pencangkokan atau transfer lemak dan implan pipi. Namun, seiring dengan kemajuan inovasi dalam dunia bedah plastik, ditemukan lebih banyak cara untuk menyempurnakan bentuk pipi tanpa memerlukan operasi atau tindakan pembedahan.

Augmentasi pipi non-bedah melibatkan penggunaan filler yang dibuat dengan asam hialuronat yang disuntikkan untuk mempercantik pipi. Prosedur non-bedah ini memberikan pilihan yang lebih terjangkau dan mudah bagi mereka yang tidak ingin menjalani operasi.

Hanya saja, Anda mungkin perlu mendapatkan suntikan filler lebih dari sekali (suntikan berulang) untuk sebagai perawatan lanjutan untuk mempertahankan hasil lebih lama dan maksimal.

Berapa Estimasi Biaya Prosedur Cheek Augmentation?

Jika Anda ingin menjalani implan pipi, diperkirakan biaya rata-ratanya sekitar $3,669 atau Rp 55,9 juta menurut statistik terbaru dari American Society of Plastic Surgeons. Biaya tersebut hanya sebagian dari harga total, belum termasuk anestesi, fasilitas ruang operasi, dan biaya terkait lainya.

Biaya cheek augmentation juga bisa berbeda-beda tergantung jenis prosedur yang digunakan dan pengalaman ahli bedah yang menangani.

Bangkok Hospital Pattaya, BDMS, Berobat ke Thailand, rekomendasi rumah sakit thailand
Bangkok Hospital Pattaya

Beberapa rekomendasi rumah sakit dan negara untuk prosedur cheek augmentation adalah:

Apabila Anda berminat untuk menjalani prosedur cheek augmentation, Anda bisa menghubungi Medical Travel Facilitator KavaLink dari Kavacare demi kemudahan perawatan Anda. Kami akan membantu Anda menghitung biaya prosedur yang akurat serta memberikan rekomendasi rumah sakit dan dokter bedah terbaik di dalam maupun luar negeri. 

Hubungi nomor WhatsApp 0857-8000-8707 hari ini juga untuk mulai konsultasi secara gratis!

Sumber:

  1. Cheek Augmentation | American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/cheek-augmentation. Diakses 7 Agustus 2023.  
  2. Cheek Augmentation | Cosmetic Surgery. https://med.stanford.edu/cosmeticsurgery/aestheticservices/face/cheek-augmentation.html. Diakses 7 Agustus 2023. 
  3. Cheek Augmentation | Conditions & Treatment. https://utswmed.org/conditions-treatments/cheek-augmentation. Diakses 7 Agustus 2023.
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare