5 Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat

5 Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat

Share

Vertigo adalah sensasi berputar yang dapat kita rasakan seolah lingkungan yang berputar maupun kita sendiri.Mengalami vertigo dapat membuat kita merasa sangat pusing dan sulit menjaga keseimbangan. Vertigo sendiri bukan penyakit spesifik, biasanya vertigo adalah gejala dari kondisi-kondisi kesehatan lainnya.

Mengalami vertigo dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut cara mengatasi vertigo tanpa obat yang telah dirangkum oleh Kavacare.

Bagaimana Ciri-Ciri Vertigo?

Untuk mengetahui cara mengatasi vertigo dengan tepat, kita perlu membedakan antara vertigo dengan pusing biasa. Baik vertigo maupun kondisi pusing termasuk masalah keseimbangan, tetapi keduanya berbeda. Saat kita pusing biasa, yang dirasakan adalah tubuh yang tidak seimbang. Namun pada vertigo, seolah-olah tubuh kita bergerak atau lingkungan sekitar kita berputar sehingga sulit untuk tetap seimbang.

Banyak yang mendeskripsikan saat terjadi serangan vertigo, mereka seperti mengalami mabuk kendaraan. Keseimbangan pun semakin memburuk jika kita berusaha untuk berdiri, berjalan, mengubah posisi tubuh, bahkan sekadar untuk menggerakan kepala.

 

Baca Juga: Mengenal Penyebab Vertigo dan Penanganannya

 

Pasien yang mengalami vertigo biasanya merasakan hal-hal berikut:

  • Merasa berputar
  • Terasa hampir jatuh
  • Lemas
  • Sulit menjaga keseimbangan
  • Tubuh seolah ditarik ke satu arah

Selain itu, gejala lain yang dapat menyertai vertigo seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Pergerakan mata abnormal (nystagmus)
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Telinga berdenging atau kehilangan pendengaran

Ciri-ciri vertigo berbeda-beda, tergantung setiap kondisi pemicunya. Contohnya pada vertigo yang disebabkan oleh Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), biasanya mengalami seranan vertigo ketika berbaring, bangun ke posisi duduk, atau berpindah posisi saat berbaring. Sedangkan pada vertigo akibat penyakit Meniere, akan timbul suara berdenging di telinga, pendengaran tiba-tiba hilang, atau lubang telinga seolah tersumbat sesuatu.

Rata-rata, serangan vertigo terjadi selama beberapa detik hingga beberapa menit. Namun pada kasus yang parah, vertigo bisa dirasakan hingga berjam-jam. Vertigo pun bisa terjadi berulang selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.

Cara Mengatasi Vertigo

Cara mengatasi vertigo secara total tentu tergantung dari diagnosis dan penyebab vertigo. Kebanyakan kasus vertigo akan sembuh dengan sendirinya. Namun ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan.

Selain menggunakan obat-obatan, berikut cara mengatasi vertigo yang bisa dicoba.

1. Manuver Epley

infografis manuver epley kavacare
Infografis Manuver Epley Kavacare

Salah satu cara mengatasi vertigo yang banyak dilakukan adalah teknik bernama manuver Epley. Langkah-langkah manuver Epley dilakukan setiap malam sebelum tidur. Cara ini dapat mengatasi vertigo dalam kurun waktu 24 jam.

Jika gejala vertigo yang dirasakan muncul dari bagian kiri, manuver Epley dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Duduk di ujung kasur, tolehkan kepala 45 derajat ke kiri (jangan sampai menyentuh bahu)
  2. Segera berbaring dengan kepala tetap miring pada sudut 45 derajat
  3. Tahan posisi ini selama 30 detik
  4. Tolehkan kepala sebanyak 90 derajat ke kanan tanpa mengangkat kepala, tahan selama 30 detik
  5. Miringkan tubuh dan kepala menyamping ke kanan, pandangan ke arah lantai, tahan selama 30 detik
  6. Perlahan duduk dan tahan posisi selama beberapa menit
  7. Lakukan dari arah sebaliknya jika vertigo terasa muncul dari bagian kanan

2. Konsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah rempah dari Tiongkok yang dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi vertigo. Dalam suatu jurnal neurologi yang dipublikasikan kasus vertigo kronis dapat diperbaiki dengan konsumsi rutin rempah ini, ditambah dengan latihan keseimbangan yang rutin dilakukan. Cara kerja rempah ini memiliki manfaat mengatur aliran darah ke otak, sehingga pusing dan gangguan keseimbangan berkurang.

Dari penelitian yang dimuat International Journal of Otolaryngology, ginkgo biloba dinilai sama efektifnya seperti jenis obat betahistine dalam mengatasi vertigo.

3. Teh Jahe

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Riset yang dipublikasikan pada Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan jika jahe dapat mengurangi efek dari vertigo, bahkan lebih baik dari manuver Epley. Dengan rutin minum teh jahe 2 kali sehari, dapat mengurangi pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai cara mengatasi vertigo, bisa menyeduh potongan jahe dengan air mendidih selama 5 menit. Supaya rasanya tidak terlalu pahit, dapat ditambahkan madu.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi, bahkan jika tergolong ringan, dapat memicu munculnya gejala vertigo. Dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya, bisa mengurangi risiko mengalami pusing dan gangguan keseimbangan.

Tubuh butuh 8-12 gelas cairan setiap harinya. Walau tidak spesifik jenis cairan yang dibutuhkan, air putih adalah asupan terbaik karena minim kalori, bebas kafein, dan bukan jenis minuman diuretik.

5. Akupresur

Akupresur memiliki konsep seperti akunpuntur, tetapi tidak menggunakan jarum. Tujuan melakukan akupresur adalah untuk meningkatkan kesehatan dan membantu tubuh lebih rileks. Akupresur termasuk cara mengatasi vertigo tanpa obat, karena untuk meredakan gejalanya, dilakukan stimulasi pada titik-titik tertentu pada tubuh.

Salah satu metode akupresur untuk mengatasi vertigo adalah akupresur P6. Pada metode ini diberikan tekanan pada titik pada dua tendon yang terletak di antara bagian dalam lengan dan pergelangan tangan.

 

Baca Juga: Haruskah Minum Air 8 Gelas Sehari?

 

Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Vertigo

Apakah Vertigo Bisa Sembuh?

Beberapa kasus vertigo bisa sembuh dengan sendirinya, bahkan tanpa perawatan khusus. Namun vertigo yang berulang selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun perlu terapi khusus untuk mengatasi gejalanya. Contohnya pada pengidap penyakit Meniere dan BPPV.

Vertigo bisa disembuhkan atau ditangani gejalanya dengan obat-obatan, rehabilitasi vestibular jika mengalami gangguan pada bagian dalam telinga, prosedur reposisi kanalit untuk pengidap BPPV, dan operasi jika penyebab vertigo adalah tumor otak atau cidera leher.

Bagaimana Cara Mengobati Vertigo Secara Alami?

Ada beberapa suplemen herbal yang dipercaya sebagai cara mengatasi vertigo tanpa obat, antara lain:

  • Kunyit
  • Ginkgo biloba
  • Cabai cayenne atau cabai tanduk sapi
  • Jahe
  • Gongjin-dan

Namun sebelum mengonsumsi rempah-rempah ini, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Tidak semua orang cocok mengonsumsi herbal. Dokter dapat memberikan saran terkait konsumsi bahan alami ini agar tetap aman untuk tubuh.

 

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus dan Cara Mengobatinya

 

Apa yang Harus Dilakukan saat Vertigo Kumat?

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala vertigo saat kumat adalah:

  • Berbaring di ruangan gelap dan tenang untuk mengurangi sensasi berputar
  • Gerakan kepala perlahan dan hati-hati saat beraktivitas
  • Duduk tegak ketiga terasa pusing
  • Nyalakan lampu saat terbangun di malam hari
  • Gunakan tongkat atau penyangga jika tubuh terasa tidak seimbang
  • Tidur dengan kepala lebih tinggi, gunakan 2 tumpuk bantal
  • Saat bangun dari tempat tidur, lakukan perlahan dan hati-hati. Duduk lebih dulu di ujung tempat tidur dan tunggu beberapa saat sebelum berdiri
  • Hindari pemicu stres, karena dapat memperburuk vertigo
  • Hindari membungkuk untuk mengambil barang, sebaiknya berjongkok dan turun perlahan-lahan
  • Hindari menarik leher, misalnya ketika mengambil barang di posisi lebih tinggi

Walau vertigo kebanyakan akan mereda dengan sendirinya, sebaiknya segera hubungi dokter jika ketika serangan vertigo, kita juga merasakan sakit kepala hebat, tubuh terasa sakit, demam tinggi, pendengaran atau pengelihatan hilang mendadak, merasa panas tetapi tubuh menggigil.

Anda bisa mengonsultasikan perihal vertigo dan perawatannya dengan menghubungi Kavacare di nomor 0811 1446 777. Kavacare siap membantu Anda memberikan informasi dan pendampingan medis sesuai kebutuhan Anda dan keluarga di rumah.

SUMBER:

  1. Home remedies for vertigo: Treatment and the Epley maneuver. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492#home-remedies diakses 25 November 2022
  2. Vertigo: What Is It, Causes, Signs & Treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21769-vertigo diakses 25 November 2022
  3. Vertigo: Causes, Symptoms, and Treatment. https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment diakses 25 November 2022
  4. Vertigo. https://www.nhs.uk/conditions/vertigo/ diakses 25 November 2022
Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare