Apa Itu Tes Gula Darah HbA1c? Tujuan dan Manfaat

Apa Itu Tes Gula Darah HbA1c? Tujuan dan Manfaat

Share

Jika Anda menderita diabetes, tes HbA1C mungkin bukan hal yang asing lagi. Tes darah yang satu ini menjadi salah satu tes yang digunakan untuk memantau kondisi kadar gula darah penderita diabetes. Namun, apa alasan penderita diabetes harus rutin melakukan tes gula darah HbA1C?

Agar lebih mengenal tentang manfaat dan tujuan dari tes darah yang satu ini, simak rangkuman Kavacare berikut.

Apa Itu Tes HbA1c?

Tes gula darah HbA1C atau tes hemoglobin A1C adalah tes untuk mengukur jumlah glukosa atau gula darah yang melekat pada hemoglobin. Hemoglobin sendiri merupakan sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tes ini akan memberitahu Anda tentang rata-rata kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir.

Orang yang menderita diabetes perlu melakukan tes ini secara teratur setiap 3-6 bulan sekali. Hal ini demi memastikan jika kadar glukosa ada dalam kisaran yang terkendali. Dengan tes darah HbA1C, dokter juga bisa melakukan penyesuaian obat bagi penderita diabetes.

Kapan Perlu Tes HbA1c?

Tes gula darah HbA1C dilakukan bilamana dokter telah mendiagnosis ada kemungkinan diabetes pada pasien. Pasalnya selain berguna untuk memantau kadar glukosa pada penderita diabetes, tes A1C juga berfungsi untuk mendiagnosis diabetes.

Jika Anda memiliki hasil A1C di atas 5,7% berarti Anda kemungkinan menderita diabetes. Sedangkan hasil 5,7% – 6,5% artinya Anda termasuk pre-diabetes mellitus.

Sementara jika Anda mendapatkan hasil tes A1C 6,5% berarti Anda menderita diabetes. Sehingga memerlukan tes HbA1C secara rutin dalam setiap 3 atau 6 bulan sekali. Di mana ini ditujukan untuk mengontrol gula darah serta merencanakan dan mengevaluasi perawatan diabetes.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Tes Gula Darah dan Tes Hb1Ac?

 

Manfaat Tes HbA1c

Manfaat tes gula darah hemoglobin A1C adalah untuk melakukan diagnosis pra-diabetes atau diabetes. Pada penderita pra-diabetes, melakukan tes HbA1C setahun sekali dapat mencegah pra-diabetes menjadi diabetes. Sebab, dokter pasti akan menyarankan Anda untuk mengubah gaya hidup demi mengontrol kadar glukosa.

Selain mendiagnosis diabetes, tes A1C juga bermanfaat untuk memantau kondisi penderita pra-diabetes dan diabetes. Pasalnya dengan tes ini, dokter bisa mendapakan informasi tentang seberapa baik tubuh pasien dalam mengontrol gula darah.

Prosedur Tes HbA1c

Jika Anda disarankan untuk melakukan tes hemoglobin A1C, berikut prosedur yang mungkin akan Anda jalani.

  • Sebelum tes Anda mungkin perlu mengisi beberapa formulir persetujan. Di mana formulir ini mungkin dibutuhkan untuk melakukan klaim biaya pada pihak asuransi Anda.
  • Selanjutnya tim medis atau perawat akan mengambil sampel darah Anda. Biasanya sampel ini diambil dari pembuluh darah di bagian lengan.
  • Tim medis akan mengambil sampel darah sekitar 2,5mL yang dikumpulkan ke dalam EDTA.
  • Berikutnya tim medis akan membawa sampel darah Anda ke laboratorium untuk dilakukan analisis.
  • Anda perlu menunggu hasil tes yang biasanya memakan waktu sekitar dua hari.
  • Setelah hasil tes keluar Anda akan dihubungi oleh pihak rumah sakit atau klinik di mana Anda mengambil sampel.
  • Dokter atau tim medis kemungkinan akan membacakan hasil tes A1C milik Anda.

Di Mana Bisa Tes HbA1c?

Tes gula darah hemoglobin A1C dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik kesehatan. Di mana kemudian sampel darah Anda akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan analisis. Anda juga bisa melakukan tes meggunakan Layanan Cek Darah di Rumah dari Kavacare.

Homecare kami melayani beragam layanan tes darah, salah satunya adalah tes HbA1C. Dengan layanan cek darah di rumah, Anda tidak perlu repot-repot datang ke rumah sakit untuk sekedar mengambil sampel darah. Sebab dengan layanan ini, tim medis kamilah yang akan datang ke rumah atau kantor Anda untuk mengambil spesimen.

Sehingga Anda hanya perlu mengatur jadwal untuk melakukan pengambilan sampel. Di mana ini tentu mempermudah Anda dalam menjaga kesehatan di tengah sibuknya dunia kerja.

Setelah pengambilan sampel darah, Tim Medis Kavacare akan membawa spesimen ke laboratorium untuk dianalisis. Dalam kurun waktu dua hari Anda akan mendapatkan hasil dari tes HbA1C yang akan dikirim melalui alamat e-mail. Anda juga tidak perlu khawatir bila tidak mengerti hasil dari tes tersebut.

Pasalnya di dalam Layanan Cek Darah di Rumah, kami mencantumkan pelayanan telekonsultasi online untuk pembacaan hasil laporan tes selama 30 menit. Selain itu, di dalam telekonsultasi ini tim dokter kami juga akan menyampaikan saran atau rekomendasi pola hidup sehat bagi penderita diabetes.

Dokter mungkin juga akan memberikan resep obat apabila Anda berkenan. Di mana obat ini akan dikirimkan oleh pihak Kavacare ke alamat Anda. Dengan biaya obat dan administrasi serta biaya transportasi yang ditanggung oleh pasien.

Berapa Biaya Tes HbA1c?

Biaya tes A1C tergantung regulasi rumah sakit di mana Anda melakukan tes. Di Kavacare sendiri biaya layanan untuk cek darah berkisar Rp265.000-Rp3.225.000. Tergantung paket layanan yang Anda ambil.

Selain itu, biaya ini juga bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, untuk informasi biaya yang lebih akurat, Anda bisa bertanya ke Kavacare Support di 0811-1446-777.

Apabila Anda memiliki keluhan yang merujuk ke gejala diabetes, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Anda bisa melakukan konsultasi online terlebih dahulu dengan Layanan Telekonsultasi Kavacare. Jika dokter mencurigai Anda menderita diabetes, Anda bisa langsung memesan Layanan Cek Darah di Rumah dari Kavacare untuk tes HbA1C.

Referensi:

  1. WebMD. 2023. Hemoglobin A1C (HbA1C) Test for Diabetes. Diakses pada 30 November 2023 dari https://www.webmd.com/diabetes/glycated-hemoglobin-test-hba1c
  2. Diabetes UK. What Is HBA1C?. Diakses pada 30 November 2023 dari https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/hba1c
  3. NHS South Tees Hospitals. 2022. Haemoglobin A1C (HBA1C). Diakses pada 30 November 2023 dari https://www.southtees.nhs.uk/services/pathology/tests/haemoglobin-a1c-hba1c/
  4. MedlinePlus [Internet]. Hemoglobin A1C (HbA1C) Test. Diakses pada 30 November 2023 dari https://medlineplus.gov/lab-tests/hemoglobin-a1c-hba1c-test/ 
  5. Eyth E, Naik R. Hemoglobin A1C. [Diperbarui 13 Maret 2023]. Di: StatPearls [Internet]. Pulau Harta Karun (FL): Penerbitan StatPearls; 2023 Januari-. Tersedia dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK549816/ 
  6. Close, Kelly. 2023. What Is the A1C Test. Verywellhealth [Internet]. Diakses pada 30 November 2023 dari https://www.verywellhealth.com/diabetes-and-a1c-levels-1087678
dr. Keyvan Fermitaliansyah
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

dr. Keyvan Fermitaliansyah

Care Pro, Dokter Umum Kavacare