5 Perawatan Pasca Melahirkan oleh Perawat ke Rumah

5 Perawatan Pasca Melahirkan oleh Perawat ke Rumah

Share

Saat ini, banyak professional yang menawarkan perawat ke rumah untuk perawatan pasca melahirkan. Proses melahirkan memang merupakan suatu proses yang melelahkan namun juga menyenangkan, baik sang ibu maupun keluarga lainnya. Kelahiran seorang bayi menjadi anugerah tersendiri. N

amun, kegiatan pasca melahirkan ternyata jauh lebih melelahkan dibanding sebelum ataupun saat proses melahirkan. Kegiatan pasca melahirkan sifatnya lebih lama dan memerlukan bantuan serta dukungan banyak pihak agar Ibu dan bayi tetap senang dan terjaga kesehatannya.

Layanan homecare untuk perawatan pasca melahirkan memberikan layanan untuk ibu dan bayi agar tetap sehat dan terjaga keseimbangan aktivitasnya. Perawat yang datang ke rumah akan membantu ibu dalam proses pemulihan pasca melahirkan, serta memberi bantuan untuk menjaga bayi bersama keluarga.

Dalam artikel kali ini, Kavacare telah merangkum informasi mengenai perawat ke rumah pasca melahirkan untuk Anda.

Apa yang Dibutuhkan Setelah Melahirkan?

Tidak hanya mempersiapkan proses sebelum dan saat melahirkan, Anda juga perlu memperhatikan perawatan pasca melahirkan. Minggu-minggu setelah melahirkan merupakan masa pemulihan dan penyesuaian. Proses ini disesuaikan dengan proses kelahiran sang ibu – melahirkan secara normal ataupun melalui operasi, memiliki langkah pemulihan yang berbeda-beda. 

Tidak hanya menjaga kesehatan bayi, Anda juga perlu berfokus pada pemulihan dan menjaga kesehatan Anda setelah melahirkan guna tetap dapat beraktivitas dengan baik dan benar. Berikut hal-hal yang Anda butuhkan setelah melahirkan, seperti:

 

Baca Juga: Apakah yang Perlu Dilakukan Setelah Melahirkan?

 

1. Beristirahat

Melahirkan bayi merupakan suatu proses kerja keras dan memakan banyak waktu serta menguras tenaga Anda. Selain itu, beristirahat di rumah sakit mungkin menjadi hal yang tidak nyaman untuk Anda dan membuat waktu tidur terganggu. Hal ini akan menambah kepenatan tubuh Anda setelah melahirkan.

Beberapa minggu pertama setelah melahirkan adalah waktu yang penting untuk Anda beristirahat kapanpun selama Anda bisa. Anda bisa mencoba mencuri waktu istirahat atau tidur saat bayi Anda tidur. Gunakan waktu istirahat dengan baik agar Anda bisa lekas pulih setelah melahirkan.

2. Hindari Mengangkat Beban yang Berat

Mintalah bantuan pada anggota keluarga lainnya atau asisten rumah tangga saat Anda harus mengangkat beban yang berat. Anda perlu menghindari mengangkat beban berat agar kondisi fisik cepat pulih, terutama bagi Anda yang melahirkan melalui proses operasi caesar.

Mengangkat beban berat dapat menimbulkan terbukanya luka bekas jahitan, terutama saat jahitan belum kering sempurna, hingga menyebabkan rasa nyeri berkelanjutan.

3. Kurangi Penggunaan Tangga saat Beraktivitas

Dalam minggu-minggu pertama setelah melahirkan, Anda harus mencoba mengurangi jumlah penggunaan tangga saat beraktivitas. Hal ini untuk menjaga jahitan tetap pada manfaatnya hingga kering sempurna dan menjaga kondisi ibu setelah melahirkan.

Sebelum melahirkan, persiapkan kamar tidur di lantai bawah – apabila kamar utama terletak di lantai atas, mulai dari menyiapkan kebutuhan bayi dan kebutuhan Ibu. Selain itu, pastikan terdapat kamar mandi yang dekat dengan kamar untuk memudahkan mobilitas Ibu selama pemulihan.

4. Menjaga Kebersihan Diri

Memiliki bayi baru lahir yang secara konstan memerlukan perhatian dan waktu Anda, tentu sangat menyita waktu sehingga Anda sering lupa menjaga kebersihan diri. Sempatkan untuk mandi dengan teratur, mencuci rambut, serta mencuci tangan secara berkala untuk tetap menjaga kebersihan Anda dan bayi.

Apabila Anda sering melewatkan waktu mandi dan mencuci tangan, bakteri serta kotoran yang tidak terlihat dapat berinteraksi dengan Anda dan bayi, hingga menyebabkan berbagai macam penyakit.

5. Menghindari dan Mengurangi Risiko Stres pada Ibu

Menyesuaikan diri setelah melahirkan bayi menjadi tugas tersendiri bagi orangtua, terutama pada ibu. Banyaknya perubahan yang terjadi secara signifikan setelah melahirkan – seperti kondisi fisik yang banyak berubah, jadwal tidur dan kegiatan sehari-hari, tentu dapat menyebabkan stress dan kelelahan.

Perbanyak waktu istirahat dan tidur serta menghindari faktor-faktor penyebab stress akan membantu proses pemulihan Anda. Bila perlu, batasi interaksi dengan teman atau keluarga yang hendak berkunjung (selain keluarga inti) karena hal tersebut dapat membuat Anda kelelahan.

Pusatkan perhatian pada pemulihan dengan menghibur diri Anda akan mengurangi stress berlebih. Selain itu, bantuan dari keluarga juga akan membuat Anda lebih nyaman dalam menyesuaikan diri setelah melahirkan.

6. Meminta Bantuan

Anda tidak harus melakukan semua sendiri. Proses setelah melahirkan akan menguras tenaga dan waktu Anda, hingga menyebabkan kelelahan hingga stress dalam waktu yang lama. Tidak ada salahnya meminta bantuan keluarga seperti orangtua (ibu atau ayah) ataupun teman untuk membantu Anda selama proses setelah melahirkan. Anda juga bisa meminta bantuan perawat ke rumah untuk perawatan pasca melahirkan guna membantu Anda dalam proses pemulihan. 

 

Baca Juga: Persiapan Menjadi Ibu Baru

 

Peran Perawat Homecare untuk Perawatan Pasca Melahirkan

Dengan tingginya permintaan, banyak homecare yang menyediakan layanan perawat ke rumah untuk perawatan pasca melahirkan. Hal ini bertujuan untuk membantu Ibu dalam merawat bayi serta membantu proses pemulihan Ibu setelah melahirkan. Layanan ini tentu sangat meringankan ibu dan keluarga dalam menyesuaikan diri setelah hadirnya seorang bayi dalam keluarga.

1. Mendampingi Kegiatan Sehari-Hari

Menggunakan layanan homecare dengan memanggil perawat ke rumah untuk perawatan pasca melahirkan memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah mendampingi kegiatan sehari-hari.

Perawat akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri selama proses pemulihan serta membantu Anda dalam berkegiatan sehari-hari. Perawat akan membantu meminimalisir kegiatan yang dapat membuat Anda terlalu lelah. 

2. Membantu Program Menyusui

Mengasihi atau memberi ASI pada bayi merupakan suatu proses yang penting bagi ibu dan bayi. Tidak hanya memenuhi nutrisi bayi, proses menyusui juga akan membangun kedekatan dan chemistry antara ibu dan bayi.

Perawat akan membantu Anda dalam proses menyusui, mulai dari memberi edukasi seputar menyusui, memberi pijatan laktasi (apabila diperlukan), hingga memberikan edukasi seputar cara menyusui yang tepat bagi ibu dan ayah bayi.

3. Edukasi Gizi Ibu dan Anak

Selain mendampingi kegiatan sehari-hari dan membantu program menyusui, perawat homecare juga akan memberikan edukasi seputar gizi bagi ibu dan anak. Tidak hanya anak yang terus memerlukan nutrisi lengkap, ibu juga harus mendapat nutrisi yang baik agar dapat melengkapi nutrisi anak melalui program menyusui. Perawat akan memberi informasi apa saja yang dapat dikonsumsi ibu dan anak guna memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

 

Baca Juga: Panduan Gizi Ibu Hamil

 

4. Membantu Ibu Menghadapi Baby Blues Syndrome

Dengan mendampingi ibu selama proses setelah melahirkan, perawat dapat mengurangi beban psikis ibu selama memulihkan diri. Anda tidak perlu merasa sendirian dalam menghadapi berbagai perubahan setelah melahirkan dan dapat berfokus pada pemulihan diri Anda. Perawat juga akan membantu Anda dalam menghadapi baby blues syndrome dengan ilmu yang tepat agar Anda tetap merasa nyaman dan aman.

5. Membantu Keluarga dalam Menyesuaikan Diri

Tidak hanya ibu yang memerlukan pendampingan, keluarga juga perlu menyesuaikan diri setelah hadirnya seorang bayi. Perawat akan mendampingi keluarga dalam berkegiatan dan menyesuaikan diri – seperti pemberian edukasi, pendampingan dalam perawatan bayi, agar bayi tetap sehat.

Kavacare menjadi salah satu layanan homecare yang menyediakan layanan perawat homecare untuk perawatan pasca melahirkan. Kavacare menyediakan layanan homecare wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Karawang, dan Depok. Anda akan didampingi oleh perawat terampil dan ahli di bidangnya untuk membantu Anda dalam menyesuaikan diri serta pemulihan diri setelah melahirkan.

Ada berbagai paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk informasi lengkapnya, segera hubungi Kavacare Support melalui WhatsApp di 0811 1446 777.

Sumber:

  1. Caring for Your Health After Delivery https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9679-postpartum-care diakses 19 November 2022
  2. Paket Pasca Melahirkan https://www.kavacare.id/paket-pasca-melahirkan/ diakses 19 November 2022
  3. Recovery and Care After Delivery https://www.healthline.com/health/postpartum-care diakses 19 November 2022
  4. Postpartum Care of the New Mother https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK565875/ diakses 19 November 2022
  5. Culture of Postpartum Care in Indonesia http://jurnalkesehatan.unisla.ac.id/index.php/midpro/article/view/331/0 diakses 19 November 2022
  6. Overview of Postpartum Care https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/postpartum-care/overview-of-the-postdelivery-postpartum-period diakses 19 November 2022
dr. Albert Novianto Kavacare
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

dr. Albert Novianto Kavacare

Care Pro, Dokter Umum Kavacare