Keluarga sebagai Caregiver Utama

Keluarga sebagai Caregiver Utama

Share

Caregiver menurut kamus Merriam Webster adalah seseorang yang memberikan perawatan langsung kepada anak, orang lanjut usia, atau orang sakit. Beberapa kondisi yang memerlukan caregiver misalnya pasca perawatan rumah sakit, dalam proses penyembuhan, mengalami sakit kronis, atau menderita kecacatan.

Caregiver dapat bersifat formal atau informal. Caregiver informal biasanya adalah anggota keluarga dan menjadi pilihan utama karena perawatan yang diberikan bersifat jangka panjang, berlangsung terus-menerus, dan diberikan di rumah. Contohnya misalnya membantu aktivitas sehari-hari seperti mandi, memakai baju, makan, atau mendampingi perawatan penyakit kronis/kecacatan.

Sedangkan caregiver formal biasanya adalah jasa perawat profesional. Namun sayangnya, dikarenakan berbagai hal, seringkali keluarga mempekerjakan asisten rumah tangga tanpa keterampilan khusus sebagai caregiver.

Keluarga tetaplah menjadi pilihan caregiver terbaik dalam kondisi yang tidak memerlukan layanan medis intensif di rumah sakit. Beberapa alasannya antara lain adalah karena keluarga dapat mendampingi lebih menyeluruh, lebih memahami kondisi penyakit dan karakter keluarga yang dirawat, dapat memberikan perawatan yang hangat dengan kasih sayang, dan mudah diterima kehadirannya sehari-hari. Perawatan yang optimal diharapkan akan memberikan peningkatan kualitas hidup yang berarti.

Namun, seorang caregiver dapat mengalami gangguan dalam aktivitas sehari-hari seperti sulit mengatur waktu, tidak dapat bekerja, jarang bersosialisasi, hambatan menjalin hubungan, dan menurunnya kesehatan fisik serta mental. Kondisi ini dapat menyebabkan beban tenaga dan psikis bagi caregiver, dan meningkatkan risiko burnout. Hal-hal ini perlu dipahami dalam konteks perawatan jangka panjang dalam populasi yang semakin menua dan struktur keluarga yang semakin kecil dan sibuk.

Tidak semua keluarga memiliki kondisi yang kondusif sehingga caregiver dapat merasa kewalahan. Layanan home care seperti KavaCare kini hadir memberikan pendampingan profesional untuk membantu meringankan beban perawatan sehari-hari, dan menjadi partner keluarga dalam perawatan di rumah sesuai dengan kondisi setiap keluarga.

Avatar
Reviewed by:
Ditinjau oleh:

Dr. Eddy Wiria, PhD

Co-Founder & CEO Kavacare